Selasa, 03 April 2012

HAM agenda menteri luar negeri baru AS dan AUSTRALIA

BY. Phil Lynch
Published, ABC.NET.AU
Phil Lynch
Pada awal masa jabatan mereka sebagai Menteri Luar Negeri AS dan Menteri Luar Negeri Inggris, Hillary Clinton dan William Hague kedua agenda ambisius diuraikan hak asasi manusia dan kebijakan luar negeri.


Baru Australia Menteri Luar Negeri Bob Carr harus mengambil daun dari pedoman mereka.



Kedua agenda di dorong oleh apa yang mantan menteri luar negeri Gareth Evans telah lama diidentifikasi sebagai kepentingan nasional kita dalam "kewarganegaraan internasional yang baik". Pendekatan ini mengakui bahwa pengeluaran modal politik, keuangan dan manusia pada hak asasi manusia di luar perbatasan kita adalah investasi, bukan kerugian. Australia memiliki kepentingan nasional dalam di kawasan yang stabil, perintah berbasis aturan internasional, pendekatan multilateral untuk tantangan kebijakan global dan dunia yang mengerti dan menghormati nilai-nilai Australia seperti kebebasan dan kesempatan yang adil. Sebagai Evans menunjukkan, kami juga memiliki kepentingan pribadi dalam manfaat reputasi dan timbal balik yang mengalir dari warga internasional yang baik.

Jadi apa yang harus Carr, yang mengatakan bahwa ia akan menjadi baik sebagai "aktivis" Menteri Luar Negeri dan kebijakan luar negeri "realis", berkomitmen untuk di bidang hak asasi manusia?



Pertama, Carr harus berkomitmen untuk pendekatan berprinsip dan gigih untuk hak asasi manusia, didukung oleh kebijakan hak asasi manusia yang komprehensif. Sebuah kebijakan yang komprehensif, mirip dengan yang dikembangkan oleh Belanda dan Swedia, bisa HAM utama di semua bidang urusan luar negeri Australia dan, seperti negara-negara, memanfaatkan manfaat melakukannya. Ini bisa mengidentifikasi area di mana Australia adalah baik ditempatkan untuk memberikan kontribusi internasional khusus, seperti dalam bisnis dan hak asasi manusia, pemberdayaan perempuan dan anak perempuan, dan memerangi diskriminasi berdasarkan orientasi seksual atau identitas gender.


Kedua, Carr harus berkomitmen dengan prinsip-prinsip universalitas hak asasi manusia dan non-selektivitas. Tidak seperti pendahulunya Kevin Rudd, misalnya, ia harus lebih aktif dalam bekerja untuk mengakhiri pelanggaran hak sipil dan politik yang mendasar di Papua Barat seperti di Libya dan Suriah. Dalam nada yang sama, ia harus meratifikasi Konvensi Internasional tentang Hak-hak Pekerja Migran. Ini tidak duduk dengan baik dengan tetangga kita di Asia-Pasifik, banyak di antaranya telah meratifikasi konvensi dan yang warga negaranya adalah pekerja migran, bahwa itu adalah salah satu hak asasi manusia beberapa perjanjian internasional Australia telah gagal untuk ditandatangani.


Ketiga, Carr harus berkomitmen untuk pendekatan berbasis hak manusia untuk bantuan Australia memperluas dan program pembangunan. Baik OECD dan Overseas Development Institute telah mengidentifikasi bahwa pendekatan berbasis hak asasi manusia dapat memberikan lebih efektif, berkelanjutan dan nilai untuk uang-hasil pembangunan. Sebagai bagian dari pendekatan ini, Pemerintah harus meningkat AusAID dana untuk program langsung ditargetkan untuk mempromosikan dan melindungi hak asasi manusia. Pada $ 3.700.000, Human Rights Hibah AusAID Skema kurang dari 0,1 persen dari anggaran bantuan total dan hanya sepersepuluh ukuran Dana Hak Asasi Manusia Belanda.

Keempat, Carr harus berkomitmen untuk melakukan penilaian dan penerbitan HAM dampak sebagai komponen inti dari Australia melakukan bisnis di luar negeri. Hak asasi manusia uji tuntas bisa menghindari, misalnya, investasi Australia di proyek kereta api Kamboja yang mengakibatkan pelanggaran hak asasi manusia yang berhubungan dengan pemukiman kembali penduduk setempat. Sebuah penilaian dampak hak asasi manusia juga dapat meningkatkan transparansi tentang pelatihan Australia dan kerjasama dengan pasukan khusus Indonesia, Kopassus, dan kontra-teror polisi, Detasemen 88. Anggota kedua Kopassus dan Detasemen 88 telah terlibat dalam pelanggaran HAM yang sedang berlangsung di Papua Barat dan diterima secara luas bahwa pasukan Kopassus bertanggung jawab atas pelanggaran berat hak asasi manusia di Timor Timur.


Kelima, Carr harus berkomitmen untuk memperkuat keahlian hak asasi manusia dan kapasitas layanan asing, termasuk dengan meningkatkan jumlah petugas hak asasi manusia dan mengintegrasikan modul HAM di semua pelatihan DFAT. Dia juga harus membentuk Kelompok HAM Penasehat, yang terdiri dari ahli dari LSM, akademisi dan badan hak asasi manusia, untuk memberikan saran eksternal pada kebijakan luar negeri dan pilihan untuk mengatasi masalah hak asasi manusia. Menteri Luar Negeri Inggris Den Haag didirikan hanya seperti kelompok pada tahun 2010 dan sekarang mengatakan bahwa "keahlian telah terbukti sangat berharga dalam menginformasikan kebijakan manusia hak". Sangat penting, katanya, bagi pemerintah untuk "mendengar dari para ahli di garis depan melaporkan dan mendokumentasikan pelanggaran hak asasi manusia".


Akhirnya, Carr harus berusaha untuk mengamankan dukungan bipartisan untuk pendekatan berbasis hak manusia untuk kebijakan luar negeri. Kedua partai besar memiliki sejarah yang membanggakan dalam hal ini. Australia memainkan peran penting dalam pengembangan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia dengan Buruh pada 1940-an. Di bawah Liberal, kami memainkan peran kepemimpinan berpengaruh dalam gerakan global melawan apartheid Afrika Selatan pada 1970-an dan '80-an. Carr harus menarik dan membangun warisan bipartisan.



Berkomitmen untuk pemajuan dan perlindungan hak asasi manusia sebagai tujuan utama dari kebijakan luar negeri Australia tidak, meminjam istilah Gareth Evans, "altruisme tidak tertarik". Walaupun mungkin menarik bagi yang terbaik dalam diri kita, kita juga memiliki banyak keuntungan dari mengejar agenda manusia berprinsip hak dan banyak kehilangan jika kita gagal melakukannya.

Phil Lynch is Executive Director of the Human Rights Law Centre. You can follow the HRLC on Twitter @rightsagenda. View his full profile here.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar