Selasa, 13 Maret 2012

Master Origami - Akira Yoshizawa

Akira YoshizawaAkira Yoshizawa (吉泽 章 Yoshizawa Akira; 14 Maret 1911 - 14 Maret 2005) dianggap sebagai grandmaster origami. Dia dikreditkan dengan meningkatkan origami dari kerajinan untuk seni hidup. Menurut estimasi sendiri dibuat pada tahun 1989, dia menciptakan lebih dari 50.000 model, dari yang hanya beberapa ratus desain yang digambarkan dalam 18 bukunya. Yoshizawa bertindak sebagai duta budaya internasional untuk Jepang sepanjang karirnya. Pada tahun 1983, Jepang Kaisar Hirohito menamainya ke Orde Matahari Terbit, salah satu penghargaan tertinggi yang dapat diberikan kepada warga negara Jepang.



Lahir pada tanggal 14 Maret, 1911 di Kaminokawa, Prefektur Tochigi, Jepang, kepada keluarga pemerah susu. Ketika seorang anak, ia mengambil kesenangan dalam belajar sendiri origami. Dia pindah ke pekerjaan pabrik di Tokyo saat ia berusia 13 tahun. Semangatnya untuk itu menghidupkan kembali di awal 20-an, ketika ia dipromosikan dari pekerja pabrik untuk juru gambar teknis. Pekerjaan baru adalah untuk mengajar geometri SMP karyawan. Yoshizawa menggunakan seni tradisional origami untuk memahami dan berkomunikasi masalah geometris.



Pada tahun 1937 ia meninggalkan pabrik bekerja untuk mengejar origami penuh waktu. Selama 20 tahun berikutnya, ia hidup dalam kemiskinan total, mencukupi kebutuhan hidupnya dengan pintu ke pintu penjualan tsukudani (bumbu yang diawetkan Jepang yang biasanya terbuat dari rumput laut). Karyanya origami adalah cukup kreatif untuk dimasukkan dalam buku Origami 1944 Shuko, oleh Isao Honda (本 多 功). Namun ia karyanya untuk edisi 1951 dari Grafik Asahi majalah yang meluncurkan karirnya meskipun, menurut account yang lain, langkah pertama di jalan profesional adalah satu set dari 12 zodiak ditugaskan oleh sebuah majalah pada tahun 1954. Pada tahun 1954 pertama monografi yang diterbitkan, Atarashi Origami Geijutsu (New Origami Seni) diterbitkan. Dalam karya ini ia mendirikan sistem Yoshizawa-Randlett notasi untuk lipatan origami yang telah menjadi standar untuk paperfolders paling. Penerbitan buku ini membantu Yoshizawa keluar dari kemiskinannya. Hal ini diikuti oleh pendirian nya International Origami Pusat di Tokyo pada tahun 1954, ketika ia masih 43.



Pameran pertama di luar negeri diselenggarakan pada tahun 1955 oleh Felix Tikotin, seorang arsitek Belanda dan kolektor seni Jerman-Yahudi asal, di Museum Stedelijk. Yoshizawa meminjamkan banyak model origami sendiri untuk pameran lain di seluruh dunia. Dia tidak pernah akan menjual tokoh origami nya, melainkan memberi mereka sebagai hadiah kepada orang-orang, dan biarkan kelompok lain dan organisasi meminjamnya untuk memamerkan.



Pada tahun 1956, ia kembali menikah. Istri barunya Kiyo [1] bertindak sebagai manajer dan mengajar origami di sampingnya. Saat itu sekitar waktu ini bahwa ia menjadi terkenal di seluruh dunia.



Yoshizawa merintis teknik, termasuk basah-lipat. Dalam teknik ini kertas dibasahi sebelum lipat, membiarkan folder menciptakan tampilan yang lebih bulat dan dipahat. Hal ini dianggap oleh banyak orang sebagai pergeseran paradigma macam origami yang memungkinkan untuk menjadi sebuah bentuk seni, sebagai lawan dari keanehan kuno kerajinan rakyat.



Buku-buku Tokoh Ilmuwan Penemu



ATARASHII ORIGAMI GEIJUTSU, Origami Geijutsu-Sha 1954 [2]

Origami Pembaca I, Ryokuchi-Sha 1957 [2]

Dokuhon, Vol.1 (Origami Tokuhon), 1973, ISBN 4-8216-0408-6

Sosaku ORIGAMI (Origami Creative), Nippon Hōsō Kyokai 1984, ISBN 4-14-031028-6

Dokuhon, Vol.2 (Origami Tokuhon), 1986 [2]

ORIGAMI DOKUHON II (Origami Pembaca II), Kamakura Shobo 1986, ISBN 4-308-00400-4



Pada bulan Maret 1998, Yoshizawa diundang untuk memamerkan origami, dalam apa yang masih tetap pameran origami terbesar yang pernah dipentaskan, di museum Louvre. Dia melakukannya dengan gembira, dan sama sekali tidak bertentangan dengan memiliki fotonya diambil dengan lainnya seniman origami bersaing, yang ia digunakan untuk membenci pada tahun-tahun sebelumnya, banyak dari pola-temannya digambarkan oleh saingan profesionalnya, yang membuat marah Yoshizawa ketika ia lebih muda. Namun, ia menemukan bahwa ia tidak lagi jijik oleh folder origami saingan, dan bahwa, pada kenyataannya, sekarang ia menikmati perusahaan mereka.



Akira Yoshizawa meninggal pada tanggal 14 Maret 2005 di rumah sakit di Ogikubo, komplikasi pneumonia, pada hari ulang tahun 94 nya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar