Rabu, 11 April 2012

Tokoh Perfilman Misbach Yusa Biran

Misbach Yusa BiranMisbach Yusa Biran (lahir di Rangkasbitung, Lebak, Banten, 11 September 1933 – meninggal di Tangerang Selatan, Banten, 11 April 2012 pada umur 78 tahun) adalah sutradara film, penulis skenario film, drama, cerpen, kolumnis dan sastrawan Indonesia serta pelopor dokumentasi film Indonesia. Ia lahir dari pasangan yang berasal dari Minangkabau (ayah) dan Banten (ibu). Misbach menikah dengan aktris Nani Widjaya pada tahun 1969, dan dikarunia dengan enam orang anak, dan dua diantaranya mengikuti jejak mereka di dunia film, yaitu Cahya Kamila dan Sukma Ayu.



Tokoh Perfilman Itu Telah Pergi...



JAKARTA, KOMPAS.com -- Indonesia kembali kehilangan tokoh penting di dunia perfilman. Sutradara, produser, dan penulis skenario Misbach Yusa Biran meninggal dunia pada usia 78 tahun dalam perawatan di Eka Hospital, Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, Banten, Rabu (11/4/2012) pukul 07.12 WIB.



Misbach lahir di Rangkasbitung, Lebak, Banten, 11 September 1933. Selain sebagai tokoh perfilman, ia juga aktif sebagai dramawan, cerpenis, kolumnis, dan sastrawan Indonesia. Beliau juga merupakan pelopor dokumentasi film Indonesia.



Misbach adalah suami dari aktris senior Nani Widjaya. Pasangan tersebut menikah pada tahun 1969 dan telah dikaruniai enam orang anak. Dua anak di antaranya mengikuti jejak mereka di dunia film, yaitu Cahya Kamila dan Sukma Ayu, yang telah terlebih dahulu meninggal dunia.



Rencananya almarhum akan disemayamkankan di rumah duka di Jalan Besakih 7 Nomor 17, Sentul City, Bogor, Jawa Barat dan akan dimakamkan di pemakaman keluarga di Bogor. Menurut salah seorang kerabat, almarhum akan dimakamkan dekat dengan makam putrinya, Sukma Ayu. - http://entertainment.kompas.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar