Sabtu, 14 April 2012

Ilmuwan Yakin Ada Kehidupan di Mars

Kehidupan di Mars
WASHINGTON DC, (PRLM).- Pada Juli 1976, wahana Viking 1 mendarat di Mars dan gagal menemukan jejak kehidupan, tapi kini, tiga dekadekemudian, para ilmuwan berpikir percobaan itu cacat.



Viking 1 menemukan bukti mikroba luar bumi dalam sampel tanah dari Planet Merah.



Analisis matematika dari sampel menyimpulkan bahwa garam dalam tanah di Mars menunjukkan perkiraan awal, dan bahwa sampel tanah menunjukkan bukti kuat dari kehidupan mikroba.



Analisis baru mencari 'kompleksitas' dalam sampel, sebuah indikasi kehidupan, ternyata mereka secara mengejutkan telah menemukannya.



"Analisis ini mendukung penafsiran bahwa percobaan LR Viking telah mendeteksi kehidupan mikroba yang masih ada di Mars."



Penilaian ulang itu dipicu oleh penemuan 'perchlorates' dalam tanah di lokasi pendaratan Phoenix, pada 2008.



Christopher McKay dari NASA Ames Research Centre mengatakan, dalam sebuah wawancara dengan Discovery News, "Penemuan organik bukan bukti hidup atau bukti kehidupan masa lalu. Hanya saja bukti adanya bahan organik. "



"Bukti utamanya adalah dengan mengambil video dari bakteri Mars. Mereka harus mengirim mikroskop, menonton pergerakan bakteri," kata JoshephMiller dari Keck School of Medicine.



"Atas dasar apa yang kami lakukan sejauh ini, saya akan mengatakan 99 persen yakin ada kehidupan di sana," tambah Miller. (Aya/A-88)***http://www.pikiran-rakyat.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar