Sabtu, 21 April 2012

Kenapa Jagoan Kalah Dulu

Di film-film, biasanya jagoan selalu kalah duluan. Ini membuat MBDC bertanya-tanya. Katanya jagoan, tapi masa harus pake kalah segala? Kenapa sih nggak langsung menang aja? Pasti ada penjelasan dibalik semua ini.
Setelah memikirkannya semalaman, inilah alasan kenapa jagoan selalu kalah duluan menurut MBDC…

1. Menunjukkan Kalau Musuhnya Gak Sembarangan

Menurut kamu Star Wars bakal sekeren itu kalau Darth Vader ternyata cemen dan langsung mati sekali habeg? Ya nggak lah. Semakin hebat musuhnya, maka semakin besar kans untuk terjadinya pertarungan maha epik yang serunya tujuh turunan di akhir cerita. Ini tentunya bakal bikin kamu lebih betah nonton.


Masa musuhnya kayak beginian?

2. Memberi Kesempatan Transformasi Karakter

Jadi ceritanya si karakter jagoan ini adalah manusia biasa-biasa aja yang gak punya kelebihan apa-apa. Kemudian dia dihadang penjahat, dan… kalah mengenaskan. Nah, ini memberikan kesempatan bagi si karakter tokoh utama tersebut untuk bertansformasi jadi jagoan beneran. Apakah dengan cara belajar samurai dengan Hattori Hanzo, disengat laba-laba antah berantah, kesamber petir di laboratorium yang benuh dengan zat-zat kimia misterius, atau mendadak mendapat wahyu yang membuat kamu merasa jadi utusan semesta.


Setelah transformasi karakter ini, aku pasti berhasil menguasai dunia!

 3. Underdog Biasanya Lebih Disenangi

Kenapa? Karena ini fantasi semua orang banget. Kamu yang sehari-harinya loser, tiba-tiba bisa jadi jagoan yang keren banget, mengalahkan penjahat, dan disukai banyak cewek. Menyentuh hati dan sanubari penonton yang adalah orang kebanyakan. Kalau dari awal jagoannya udah ekslusif gitu, apa-apa hebat, rasanya kurang greget. Kurang bisa di-relate, begitu.

4. Supaya Lebih Dramatis

Ini perlu, dong. Untuk memainkan emosi penonton emang harus ada adegan sang tokoh utama ditimpa kemalangan terlebih dahulu. Semakin babak belur wajahnya, maka penonton pun akan semakin berempati. Apalagi kalau ditambah dengan rumahnya dibakar, binatang kesayangannya disembelih, dan gadis pujaan hatinya disiksa sampai amnesia. Wuih! Makin besar semangat sang jagoan kita untuk mengalahkan sang penjahat.

5. Pesan Moral

Jagoan juga harus kalah dulu supaya ceritanya ada pesan moralnya. Ini supaya kamu-kamu yang d rumah, yang selama ini selalu kalah dalam apa pun, bisa nonton filmnya dan bilang… Ohmaigad, mungkin masih ada harapan bagiku untuk menjadi orang hebat! Berakit-rakit dahulu berenang-renang ke tepian, mamen. Bersakit-sakit dahulu, memenangkan pertarungan kemudian! *tepuk tangan buat jagoan*



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar