Jumat, 13 April 2012

Peringatan 100 tahun Robert Doisneau

Pada hari ini tanggal 14 April Google menayangkan logo khususnya yang berthemakan tentang Peringatan 100 tahun lahirnya seorang fotografer jurnalistik Robert Doisneau. Robert Doisneau (14 April 1912, Gentilly, Val-de-Marne – 1 April 1994) adalah seorang fotografer Perancis. Pada 1930 ia menggunakan Leica di jalanan Paris.



Leica adalah merek kamera yang diproduksi oleh perusahaan Jerman bernama sama, Leica. Dalam sejarahnya, perusahaan yang memproduksi kamera ini dulunya bernama Optische Institut von Ernst Leitz of Wetzlar atau Pabrik Optik Leitz Wetzlar dan didirikan pada tahun 1869 khusus untuk memproduksi mikroskop. Pada tahun 1911, seorang fotografer dan ahli optik bernama Oskar Barnak bekerja pada perusahaan tersebut dan berhasil membuat kamera portabel Leica pertama yang menjadi awal dari pembuatan kamera 35mm. Pada tahun 1912, Max Berek juga bergabung dengan perusahaan tersebut dan menemukan sistem lensa Leica. Produk kamera pertama yang diluncurkan perusahaan ini disebut Ur-Leica, dimana Ur berarti orisinil atau prototipe dan Leica dari singkatan Leitz Camera. Pada tahun 1924, Oskar Barnak berhasil menyakinkan Ernst Leitz II, menantu pemilik Leica saat itu, untuk memproduksi kamera 35mm hasil rancangannya.



Bersama dengan Henri Cartier-Bresson ia adalah pelopor foto jurnalistik. Photojournalism adalah bentuk khusus dari jurnalisme (yang mengumpulkan, mengedit, dan penyajian bahan berita untuk publikasi atau siaran) yang menciptakan gambar untuk menceritakan kisah berita. Sekarang biasanya dipahami untuk merujuk hanya untuk gambar diam, tetapi dalam beberapa kasus istilah juga mengacu pada video yang digunakan dalam jurnalisme siaran. Jurnalisme Foto dibedakan dari cabang dekat lain dari fotografi (yaitu, fotografi dokumenter, fotografi dokumenter sosial, jalan fotografi atau selebriti fotografi) dengan mematuhi kerangka etis yang kaku yang menuntut bahwa pekerjaan adalah baik jujur ​​dan tidak memihak sementara bercerita dalam hal ketat jurnalistik. Jurnalis foto membuat gambar yang berkontribusi terhadap media massa.



Robert Doisneau terkenal untuk gambarnya tahun 1950 Le baiser de l'hôtel de ville (Kiss by the Hôtel de Ville), foto pasangan berciuman di jalan-jalan Paris yang sibuk. Robert Doisneau diangkat sebagai Chevalier (Ksatria) dari Orde Nasional Légion d'honneur di tahun 1984. Légion d'honneur atau Orde national de la Legion d’honneur ialah tanda penghargaan tertinggi yang dianugerahkan oleh Presiden Perancis sejak Napoleon Bonaparte pada tanggal 19 Mei 1802. Motto tanda kehormatan ini ialah Honneur et Patrie ("Kehormatan dan Tanah Air") dan kedudukannya ada di Palais de la Legion d'Honneur di bantaran kiri Sungai Seine, Paris.



Robert Doisneau diangkat menjadi Chevalier Orde dari Legio d'honneur pada tahun 1984. Ia memenangkan beberapa penghargaan selama hidupnya, termasuk:



yang Balzac Prize pada 1986 (Honoré de Balzac)

Grand Prix Nasional de la Photographie tahun 1983

yang Niepce Prize pada 1956 (Nicéphore Niépce)

Kodak Prize pada tahun 1947



Sebuah film pendek, "Le Paris de Robert Doisneau", dibuat pada tahun 1973. Pada tahun 1992 aktris Perancis Sabine Azéma dan produser membuat film Bonjour Monsieur Doisneau. Maison de la photographie Robert Doisneau di Gentilly, Val-de-Marne, adalah galeri fotografi dinamai untuk menghormatinya. Untuk menghormati fotografi tentang budaya jalanan anak-anak, ada beberapa 'Ecole Primaire' (Sekolah Dasar) dinamai menurut namanya. Contohnya adalah di Véretz (Indre-et-Loire).



Fotografi Robert Doisneau telah memiliki kebangunan rohani sejak kematiannya pada tahun 1994. Banyak potret dan foto-foto Paris dari akhir Perang Dunia II melalui tahun 1950 telah berubah menjadi kalender dan kartu pos dan telah menjadi ikon dari kehidupan Prancis. Pada tanggal 14 April 2012, Google mengubah logo untuk mencakup montase foto Doisneau, dalam rangka memperingati hidupnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar