Sabtu, 21 April 2012

Earth Day - Hari Bumi - Gaylord Nelson

Earth Day - Gaylord NelsonHari Bumi diperingati pada tanggal 22 April secara Internasional. Hari Bumi dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia ini yaitu bumi. Dicanangkan oleh Senator Amerika Serikat Gaylord Nelson pada tahun 1970 seorang pengajar lingkungan hidup. Tanggal ini bertepatan pada musim semi di Northern Hemisphere (belahan Bumi utara) dan musim gugur di belahan Bumi selatan. PBB sendiri merayakan hari Bumi pada 20 Maret sebuah tradisi yang dicanangkan aktivis perdamaian John McConnell pada tahun 1969, adalah hari dimana matahari tepat di atas khatulistiwa yang sering disebut Ekuinoks Maret.



Gaylord Anton Nelson (4 Juni 1916 - 3 Juli 2005) adalah seorang politikus Amerika dari Wisconsin yang menjabat sebagai Senator Amerika Serikat dan gubernur. Sebuah Demokrat, dia adalah pendiri utama dari Earth Day atau Hari Bumi. Nelson lahir di Clear Lake, Wisconsin pada 1916. Ia terpilih gubernur Wisconsin pada tahun 1958, dan menjabat satu periode sebelum berhasil menjalankan untuk Senat pada tahun 1962. Ia menjabat tiga istilah berturut-turut sebagai senator 1963-1981. Selalu bergairah tentang isu-isu lingkungan, ia disebutkan dengan Al Gore, Karson Coker, dan Steve Irwin. Pada tahun 1963 ia melakukan perjalanan di Tour Konservasi dengan Presiden John F. Kennedy dan adalah pendiri utama dari Hari Bumi, pengamatan pertama yang diselenggarakan pada tahun 1970.



Pada tahun 1970, Nelson menyerukan dengar pendapat Kongres tentang keamanan gabungan pil kontrasepsi oral, yang terkenal disebut "pil KB Dengar Pendapat Nelson." Sebagai hasil dari persidangan, efek samping pengungkapan yang diperlukan untuk pil dalam memasukkan pasien - pengungkapan yang pertama untuk obat farmasi. Nelson juga seorang advokat mencatat usaha kecil. Sementara ketua Komite Senat Bisnis Kecil, ia memimpin upaya sukses untuk mengotorisasi Konferensi Gedung Putih modern pertama pada Usaha Kecil, membuat sistem Pusat Pengembangan Usaha Kecil di universitas-universitas AS, dan memperbaiki cara bahwa badan-badan federal mengatur usaha kecil dan kecil lainnya entitas, UU Fleksibilitas Pengatur.



Pada tahun 1973, Nelson adalah salah satu dari tiga senator yang menentang pencalonan Gerald Ford menjadi Wakil Presiden. (Dua lainnya adalah Thomas Eagleton dan William Hathaway). Setelah 1980 kekalahan Nelson untuk pemilihan kembali, ia menjadi konselor untuk The Wilderness Society pada Januari 1981. Ia menerima Presidential Medal of Freedom pada September 1995 sebagai pengakuan atas karya lingkungannya.



Nelson meninggal karena gagal jantung pada usia 89 pada tanggal 3 Juli 2005. Biografi jurnalis Bill Christofferson dari dia, "The Man dari Clear Lake," diterbitkan pada tahun 2004 oleh University of Wisconsin Press. Gaylord Nelson Lembaga Studi Lingkungan di University of Wisconsin-Madison dinamai menurut namanya sebagai pengakuan atas cintanya kepada alam. Selain itu, Gaylord Nelson Wilderness di Apostle Islands National Lakeshore - yang terdiri lebih dari 80% dari luas lahan taman - bernama setelah dia untuk menghormati usahanya untuk memiliki taman yang dibuat Gubernur Nelson Negara. Park dekat Waunakee, Wisconsin, juga dinamai menurut namanya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar