Rabu, 04 April 2012

NDONESIA / USA: Grup LSM mendesak AS untuk tidak menjual helikopter serang ke Indonesia

Foto Ilustrasi
Sebuah Siaran Pers dari Timor Timur dan Indonesia Action Network (ETAN) bersama-sama ditandatangani oleh 89 organisasi lain
Kontak: John M. Miller, +1-718-596-7668; mobile: +1-917-690-4391, john@etan.org
Ed McWilliams, +1-575-648-2078, edmcw@msn.com

(30 Maret 2012) - Sembilan puluh organisasi saat ini mendesak pemerintah AS dan Kongres untuk tidak memberikan helikopter serangan mematikan ke Indonesia. Indonesia telah mengumumkan bahwa mereka berencana untuk membeli delapan AH-64 Apache helikopter tempur dari Amerika Serikat.
Kelompok-kelompok memperingatkan bahwa helikopter akan meningkat konflik di Indonesia, khususnya di wilayah pemberontak Papua Barat: "Menyediakan ini helikopter akan menjadi ancaman langsung terhadap warga sipil Papua."
Militer Indonesia (TNI) secara teratur melakukan "operasi menyapu," yang melibatkan serangan terhadap desa-desa dimana desa yang tak berdosa dipaksa dari rumah mereka. Kelompok-kelompok menulis bahwa "warga sipil Papua baik melarikan diri dari serangan ke desa-desa tetangga atau ke hutan sekitarnya di mana banyak yang meninggal atau kelaparan wajah, terputus dari akses ke kebun mereka, tempat tinggal, dan perawatan medis." Operasi Sapu saat ini tengah dilakukan di wilayah Pegunungan Tengah Papua Barat.
Surat itu diselenggarakan oleh yang berbasis di Timor Timur dan IndonesiaAction Network (ETAN) dan Barat Papua Tim Advokasi dan ditandatangani oleh hak asasi manusia, agama, hak masyarakat adat, pelucutan senjata dan organisasi lainnya yang berbasis di 14 negara.
Penandatangan meliputi: berbasis agama Network di Papua Barat, Fellowship of Reconciliation, Aksi Damai, Pengacara Internasional untuk Papua Barat, Tanah Apakah Kehidupan, KontrS (Indonesia), dan Pax Christi Australia. Sebuah daftar lengkap penandatangan dapat ditemukan di sini: http://www.etan.org/news/2012/03helicop.htm
AH-64 dirancang untuk udara untuk serangan darat. Hal ini dapat beroperasi siang atau malam dan dipersenjatai dengan senjata rantai kaliber tinggi dan dilengkapi dengan rudal api.
ETAN dibentuk pada 1991. Ini merayakan ulang tahun ke-20 ini 10 Desember advokasi untuk hak-hak demokrasi, keadilan dan manusia untuk Timor-Leste dan Indonesia. Lihat situs web ETAN itu: http://www.etan.org
Teks Surat
Sebagai organisasi pemerhati hak asasi manusia di Indonesia dan Papua Barat, kita menulis untuk mendesak pemerintah AS dan Kongres untuk tidak mengizinkan penjualan AH-64 helikopter serang Apache untuk militer Indonesia (TNI). Menyediakan ini helikopter akan menjadi ancaman langsung terhadap warga sipil Papua, yang telah menjadi sasaran serangan mematikan TNI selama bertahun-tahun.
Penjualan sistem senjata untuk TNI - meskipun catatan panjang dari ketidakpedulian terhadap korban sipil, korupsi, pelanggaran HAM dan impunitas di Timor Timur, Aceh dan tempat lain - hanya akan meningkatkan penderitaan penduduk Papua.
Deputi Menteri Indonesia Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin mengatakan kepada kantor berita Antara, bahwa Indonesia berniat untuk membeli delapan AH-64 Apache helikopter dari Amerika Serikat.
Para bersenjata berat AH-64 adalah senjata yang sangat mematikan yang dapat digunakan untuk meningkat konflik di Indonesia dan di Papua Barat. Pesawat ini secara substansial akan meningkatkan kapasitas TNI untuk mengadili "operasi sweeping" di Papua Barat dan dengan demikian, hampir pasti menyebabkan penderitaan meningkat di kalangan penduduk sipil yang panjang korban operasi tersebut.
"Operasi menyapu," TNI termasuk beberapa sekarang sedang berjalan di wilayah Pegunungan Tengah Papua Barat, melibatkan serangan terhadap desa-desa. Rumah yang hancur, bersama dengan gereja-gereja dan bangunan umum. Ini serangan, konon untuk menghilangkan resistensi Papua buruk bersenjata bersenjata, memaksa penduduk desa tak berdosa dari tanah mereka. Sipil Papua baik melarikan diri dari serangan ke desa-desa tetangga atau ke hutan sekitarnya di mana banyak yang meninggal atau kelaparan wajah, terputus dari akses ke kebun mereka, tempat tinggal, dan perawatan medis.
AH-64 dirancang untuk udara untuk serangan darat. Hal ini dapat beroperasi siang atau malam dan dipersenjatai dengan senjata rantai kaliber tinggi. Hal ini juga dilengkapi dengan rudal api.
Kongres harus diberitahu tentang penjualan senjata utama. Kami mendesak Kongres untuk menentang penjualan ini helikopter.
Ditandatangani,
Timor Timur dan Indonesia Action NetworkTim Advokasi Papua BaratAsia-Pasifik Solidaritas Koalisi (APSOC)Asian Human Rights CommissionAustralia Timor Timur Asosiasi Persahabatan of South Australia IncAustralia Asosiasi Papua Barat - MelbourneAustralia Barat Papua Association (Sydney)Australia untuk Timor Timur GratisGereja Baptis, Papua, IndonesiaKampanye untuk Perdamaian dan Demokrasi
Pusat Untuk Kegiatan Kreatif, PhiladelphiaColumbus Kampanye Pengendalian SenjataETAN-MadisonEast Timor Action Network / PortlandNasional Timor Timur Korban "74-99" AsosiasiTimor Timur Agama OutreachEpiskopal Perdamaian FellowshipBerbasis agama Network di Papua Barat (FBN)Fellowship dari RekonsiliasiKebijakan Luar Negeri In FocusYayasan Pro Papua, BelandaFransiskan InternasionalGenesee Lembah Warga untuk PerdamaianJaringan Global Melawan Senjata & Tenaga Nuklir di Luar AngkasaHijau DelawareHealth Alliance InternationalHunter Timor Timur Sisters, AustraliaIndonesia Komite HAM, Auckland Selandia BaruHunter Timor Timur Sisters, AustraliaDewan Antar Agama untuk Perdamaian dan Keadilan, Ann Arbor, MI
Federasi Internasional untuk Timor TimurInternational Labor Rights ForumPengacara Internasional untuk Papua BaratInternasional Platform Ahli Hukum untuk Timor Timur
Jepang Timor Timur KoalisiYahudi Melawan Genosida, Amerika SerikatKeadilan untuk Masalah Palestina, AustraliaKontrS, IndonesiaKoalisi Anti Utang, IndonesiaTanah Apakah HidupLa'o Hamutuk - Timor-Leste Institut Pemantau dan Analisis PembangunanLEPOCO Peace CenterMassachusetts Perdamaian ActiononMetta Pusat NonviolenceMisionaris Hati Kudus Keadilan dan Perdamaian Pusat, AustraliaMoana Nui Aksi AliansiMornington Cabang Victoria Hijau AustraliaTetangga untuk Perdamaian di ChicagoNikaragua Pusat Aksi MasyarakatNonviolence InternationalKantor AmerikaOhio Valley PERDAMAIANPace e Bene AustraliaPantau Foundation JakartaPartij voor de Liefde, BelandaPax Christi Aotearoa-Selandia BaruPax Christi AustraliaPax Christi Australia (NSW)Pax Christi Metro New YorkPax Christi New OrleansPax Christi Victoria (Kristen Internasional Gerakan Perdamaian)Aksi DamaiAksi Damai Washington StatePeace House, Ashland, ORPerdamaian Pulau Foundation, Boston, MAGerakan perdamaian AotearoaPekerja Filipina Dukungan KomiteShomer Shalom Jaringan Yahudi NonviolencePartai Sosialis dari BelandaSTG. Solidaritas Timor Lorosae (TLS), BelandaAkar Stichting, BelandaSwedia Timor Timur KomiteSwedia Gratis Papua AsosiasiTAPOLUrban Poor Consortium (UPC), IndonesiaVereniging Papuavrouwen di Nederland - BelandaVeteran untuk Perdamaian Bab NYC 34Suara untuk Nonviolence KreatifRelawan untuk Solidaritas InternasionalPerang resisters LigaPerang resisters Liga, Chicago BabPerang resisters Liga, PortlandWarIsACrime.orgWatch Indonesia, JermanWESPAC YayasanPapua Barat Action Network, Amerika Serikat
Papua Barat Netzwerk, JermanPapua Barat Solidaritas WellingtonBarat New York Peace CenterWheaton Franciscan SusterWisconsin Jaringan untuk Perdamaian dan Keadilan, Madison WI

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar