Jumat, 06 Januari 2012

Manfaat Debu Bagi Kehidupan Manusia


Gambar Partikel Debu
Kebanyakan orang didunia ini meremehkan keberadaan debu karena hanya dianggap sebagai sesuatu yang tak berguna dan hanya mengotori saja. Debu sebenarnya adalah kumpulan partikel-partikel kecil padat dengan diameter kurang dari 500 mikrometer. Debu yang terdapat di Atmosfer Bumi berasal dari sejumlah sember yaitu, loess yang disebarkan melalui angin, letusan gunung berapi, pencemaran udara dan lain-lain. 

Debu di dalam rumah adalah campuran benda-benda kotor, antara lain sel kulit mati, minyak, partikel udara kecil dan bahan-bahan beracun seperti timah dan arsenik. Debu di Udara dianggap sebagai Aerosol dan bisa memiliki tenaga radiasi yang besar yang dapat mempengaruhi iklim bumi. Debu memang dianggap mengotori lingkungan, akan tetapi keberadaannya di Bumi ini sangatlah penting.

Berikut adalah Beberapa Manfaat Debu Bagi kehidupan Manusia:

  1. Debu bermanfaat untuk menurunkan hujan atau salju, saat uap air di udara mencapai titik jenuh, maka uap air tersebut memerlukan debu didalam udara untuk bergabung membentuk air hujan.
  2. Debu Bermanfaat untuk menghalangi sinar Matahari langsung sehingga makhluk hidup dibumi ini tidak akan kekeringan karena tersengat sinar Matahari yang terlalu kuat.
  3. Debu bermanfaat untuk memantulkan sinar Matahari, tanpa debu sinar Matahari tidak akan dapat menerangi rumah-rumah pada siang hari karena sinar Matahari hanya menyorot kesatu arah saja, kemudian dipantulkan oleh debu.
  4. Debu juga Bermanfaat bagi para pedagang kaki lima yang berjualan tisu, bagi orang yang alergi debu akan mencari tisu untuk menutupi hidung mereka saat dijalan berdebu. (hehehe..)
  5. Dengan adanya debu para tukang lap kaca akan berbahagia, karena mereka akan berkata "untung ada debu, kalo tak ada mungkin saya akan menjadi pengangguran dipinggir jalan. (hehehe..)
  6. Tukang servis komputer juga akan bersenang hari menerima order untuk memperbaiki komputer yang rusak karena berdebu. (hehehe..)
Demikiannlah beberapa Manfaat Debu Bagi kehidupan Manusia Karena Tidak ada satupun ciptaan-Nya yang tak bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar