Senin, 30 Januari 2012

Cara Mengetahui Posisi SERP Blog pada Keyword tertentu

Cara Mengetahui Posisi SERP Blog pada Keyword tertentu - Sebelum ke cara Mengetahui Posisi SERP Blog pada Keyword tertentu, ada baiknya saya ulas dulu sedikit tentang SERP.
Apa itu SERP?
SERP = Search Engine Result Page atau bisa diartikan sebagai “Hasil Pencarian Search Engine dari sebuah halaman situs berdassarkan keyword tertentu”.
Oke, mungkin segitu juga sudah cukup ngerti ya? hehe Baik kita langsung menuju pokok bahasan kita yaitu Bagaimana Mengetahui posisi SERP Blog pada Keyword tertentu? Untuk mengecek Letak posisi SERP suatu blog mungkin banyak caranya, namun saya tidak bisa share semuanya, maklum saya masih Newbie dan masih dalam tahap belajar tentang masah SEO. Namun saya akan mengulas tentang 2 Cara untuk Mengetahui posisi SERP Blog pada Keyword tertentu. Cara pertama dengan bantuan halaman page dan cara ke dua dengan bantuan software.
Oke ayo langsung praktek!


Cara I
Menurut saya ini merupakan cara paling mudah, karena kita hanya perlu mengunjungi halaman web tertentu kemudian masukan keyword dan link blog yang akan kita cari posisi SERP nya. Untuk situs nya bisa di cek DISINI. Lalu masukan keyword yang dicari berserta link blog nya kemudian klik “Submit Query”. Dan tunggu beberapa saat maka 1000 list hasil pencarian akan di tampilkan di bawahnya, tinggal cari posisi blog kita ada dimana. Tadinya saya ingin menyertakan screen shot nya tapi sepertinya situs nya lagi maintenance, jadi silahkan langsung praktek saja ya. 


Cara II
Untuk cara yang ke dua ini, kita membutuhkan bantuan sebuah software yang harus di install di PC terlebih dahulu. Software yang kita butuhkan untuk melakukan hal ini adalah Googlemon, ada yang sudah tau?
Oke langsung saja kita praktek menggunakan software Googlemon ini:
Pertama download software Googlemon. Lalu install di PC (proses install tak perlu saya jelaskan). Kemudian jalankan program Googlemon
Kemudian masukan URL yang akan kita cek posisinya (misal : http://www.atepsaepulloh.com/2011/07/kontes-seo-jokosusilo-com-berhadiah-32-juta), lalu klik Ok, lalu masukan keyword atau kata kunci yang akan kita bidik (misal : kontes seo joko susilo), lalu klik Add dan Ok. Kemudian klik icon lup (search).

Setelah itu tinggal tunggu hasil pencariannya, dan lamanya tergantung dari banyaknya hasil yang kita inginkan. Jika kita mengatur hasil pencariannya 1000 berarti akan lumayan lama. Jadi jika anda yakin posisinya tidak akan dibawah 50 misalnya, sebaiknya setting search result nya ke 50 (Options>> Preferences>> Search). Jika proses searching sudah selesai, maka akan ditampilkan hasilnya.

Itu diatas contoh blog saya pada keyword “kontes seo joko susilo” ternyata hanya bisa mangkal di posisi 11, lumayanlah meskipun tidak masuk 10 besar…hehe . Software ini juga bisa bermanfaat sebagai parameter untuk mengontrol posisi halaman/tulisan kita yang sedang ikutan kontes SEO. Jadi bisa terus di optimasi jika posisinya masih kurang baik.
Download Googlemon

referansi Artikel : atepsaepulloh.com/2011/07/mengetahui-posisi-serp-blog-pada-keyword-tertentu

rating 5

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar