Selasa, 31 Januari 2012

Manfaat Buah Alpukat

gambar diambil dari http//gambarhidup.blogspot.com
Salam sahabat bermanfaat, semoga sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. sebelumnya di artikel bermanfaat kita sudah bercerita panjang lebar mengenai manfaat iblis untuk siapa? untuk itu kali ini kita akan bercerita mengenai manfaat salah satu buah yang rasanya sangat enak, yaitu buah alpukat. Seperti kita telah ketahui semua bahwa semua buah itu merupakan sumber vitamin yang sangat tinggi untuk tubuh kita, begitupun dengan buah alpukat. Banyak manfaat buah alpukat yang dapat kita ambil untuk kehidupan kita.

Apasih manfaat buah alpukat? sabar ya.. sebentar akan coba kita kupas mengenai manfaat buah alpukat, tapi sebelum kita mengupas manfaat buah alpukat, kita akan berkenalan dulu dengan yang namanya buah alpukat itu. Menurut referensi yang saya baca dari Wikipedia, buah alpukat atau apokat/avokad dengan nama ilmiah Persea Americana ialah tumbuhan yang berasal dari Meksiko dan Amerika tengah yang merupakan tanaman perkebunan monokultur dan sebagai tanaman pekarangan di daerah-daerah tropis lainnya di dunia. Pohon buah alpukat bisa mencapai tinggi hingga 20 meter dengan daun sepanjang kurang lebih 12 sampai 15 cm. Bunga buah alpukat tersembunyi dengan warna kekuningan dan ukuran 5 sampai 10 milimeter. Buah alpukat berbentuk buni dengan kulit lembut berwarna hijau tua hingga ungu kecoklatan, daging buah alpukat berwarna hijau muda didekat kulit buah dan berwarna kuning muda didekat biji dengan tekstur daging buah yang lembut.

Siapa yang tidak suka alpukat? buah yang biasa dikonsumsi dengan cara dijadikan jus buah alpukat ini memiliki rasa yang sangat enak, selain dari rasanya yang lezat, ternyata buah alpukat juga memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan manusia.

Berikut adalah manfaat buah alpukat versi bermanfaat.
  1. Mencegah ancaman kanker payudara.
    Ternyata, didalam buah alpukat terdapat kandungan asam oleat yang menurut beberapa penelitian terbukti mampu untuk mencegah kanker pada payudara wanita.
  2. Untuk kesehatan Indera penglihatan.
    Kandungan dalam buah alpukat yang bernama zat lutein karotenoid, ternyata lebih banyak daripada buah lainnya. Zat ini mampu melindungi terhadap degenerasi makula dan katarak.
  3. Menjaga kesehatan jantung.
    Kandungan asam folat dalam segelas alpukat mampu mencukupi 23% dari kebutuhan asam folat tubuh kita dalam sehari, dengan mengkonsumsi asam folat yang cukup dalam sehari memiliki ketahanan yang lebih tinggi dari serangan jantung dibanding mereka yang kekurangan konsumsi asam folat.
  4. Sumber vitamin E terbaik.
    Vitamin E di dalam tubuh kita berperan penting untuk melindungi tubuh kita dari berbagai penyakit dan membantu kita memelihara kesehatan secara keseluruhan.
  5. Berbagai manfaat buah alpukat.
    Daging buah alpukat dapat dijadikan hidangan dan bahan dasar untuk pembuatan kosmetik, biji buah alpukat dapat dijadikan sebagai bahan pewarna untuk industri pakaian, kulit pohon buah alpukat dapat dimanfaatkan untuk pewarna dengan warna coklat pada produk yang terbuat dari bahan kulit, buah alpukat juga baik untuk ibu hamil dan bayi yang sedang dikandungnya.
  6. Untuk kecantikan.
    Seperti kita ketahui, buah alpukat mengandung banyak vitamin E yang dapat menghaluskan kulit dan vitamin A untuk perawatan kulit dengan kombinasi keduanya akan membuat kulit menjadi kenyal dan terlihat muda serta menghilangkan kerutan pada wajah.
  7. Menjaga kesehatan.
    Kandungan potasium dalam buah alpukat dapat mengurangi depresi dan mencegah pengendapan cairan dalam tubuh serta menurunkan tekanan darah. Lemak nabati yang tinggi merupakan lemak tak jenuh yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol darah, yang berarti mampu mencegah timbulnya penyakit stroke, penyakit darah tinggi, penyakit kanker dan penyakit jantung.
  8. Mencegah radikal bebas.
    Asam oleat di dalam buah alpukat merupakan antioksidan yang sangat bagus untuk menangkal radikal bebas di dalam tubuh yang dapat menyebabkan berbagai macam keluhan kesehatan.
  9. Meredakan sindrom pra-haid.
    Vitamin B6 yang terkandung di dalam buah alpukat memilik khasiat untuk meredakan sindrom pra-haid atau menstruasi yang diderita para kaum hawa pada umumnya.
  10. Mencegah anemia.
    Zat besi dan tembaga di dalam buah alpukat sangat diperlukan untuk proses regenerasi sel darah merah sehingga mampu mencegah anemia atau kekurangan sel darah merah.
Demikian beberapa manfaat buah alpukat versi bermanfaat. Karena tiada satupu ciptan-Nya yang tak bermanfaat.

*Dirangkum dari berbagai sumber
http://www.syafir.com/2011/11/02/7-manfaat-alpukat-untuk-kesehatan
http://tipsku.info/manfaat-buah-alpukat/
http://id.wikipedia.org/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar