Minggu, 29 Januari 2012

Manfaat Iblis Untuk Siapa?


Assalamu Alaikum Sobat bermanfaat..
Sebelumnya kita telah sempat membahas mengenai manfaat gerakan dalam sholat yang terangkum dalam label Religius bermanfaat. nah kali ini artikel bermanfaat kita akan membahas mengenai manfaat dari makhluk ciptan Allah SWT yang bernama Iblis. Sebelum kita membahas lebih jauh tentang manfaat iblis, ada baiknya kalau kita berkenalan dulu dengan makhluk yang bernama iblis itu.

Iblis menurut keyakinan agama Islam, adalah nama dari salah satu dari bangsa jin yang tercipta dengan bahan dasar dari unsur api atau naar. Di dalam Al Quran telah dijelaskan bahwa Allah telah menciptakan tiga jenis makhluk yaitu Malaikat, Jin dan Manusia. Malaikat tercipta dari cahaya (nuur), Jin tercipta dari Api (naar) dan Manusia tercipta dari Tanah (turaab). Nah.. iblis itu adalah nama dari salah satu dari golongan Jin, sebagaimana dengan Jibril adalah nama dari salah satu golongan Malaikat begitu juga dengan Adam yang diciptakan oleh Allah SWT dari tanah adalah salah satu nama dari golongan Manusia.
Watak iblis telah dijelaskan dalam Alquran, yang meliputi sifat sombong, takabur, congkak. Yang tentu saja ia tidak mau tunduk, patuh ataupun taat kepada Allah SWT, padahal ia benar-benar tahu bahwa sifatnya itu adalah salah dan menyesatkan. Hatinya diselimuti dengan iri dan dengki serta hawa nafsu yang sesat. Mempunyai misi hidup untuk menyesatkan Manusia agar termasuk kedalam golongannya. Semoga Allah Senantiasa Melaknatnya. 

Dengan melihat dampak dari kecelakaan dan kesesatan yang ditimbulkan oleh Iblis, lantas apa sih manfaat dari iblis itu? Berikut adalah beberapa manfaat dari penciptaan iblis oleh Allah SWT versi bermanfaat.
  1. Dapat dijadikan Pelajaran yang sangat berharga.
    Iblis sebelumnya adalah makhluk penghuni syurga yang diciptakan oleh Allah SWT dengan penuh kenikmatan di dalamnya, namun telah diusir dari dalam syurga oleh Allah SWT karena sifatnya yang tidak mau tunduk dan patuh kepada perintah Allah SWT. Begitu pula dengan Manusia yang memiliki sifat seperti iblis tempatnya tak lain adalah seperti yang telah dijanjikan oleh Allah SWT yaitu neraka Jahannam. Petiklah pelajaran dari sini, jangan mau dibodohi oleh iblis untuk menjadi sahabatnya di neraka kelak.
  2. Iblis dapat dijadikan sebagai ladang untuk kebajikan.
    dengan mengetahui sifat dan perilaku sesat iblis kita dapat menjadikannya sebagai ladang untuk berbuat kebajikan dengan menghindari semua godaan-godaan yang ditebarkan oleh iblis tersebut.
  3. Iblis bermanfaat bagi seorang anak muda yang taqwa.
    Karena Iblis sangat membenci seorang anak muda yang bertaqwa, maka tentu saja iblis itu sangat bermanfaat baginya untuk lebih menjaga ketaqwaannya kepada Allah SWT, dengan begitu Allah akan lebih sayang lagi kepada anak muda tersebut.
  4. Rahasia dari iblis dapat dijadikan manfaat untuk kehidupan kita.
    dengan mengetahui rahasia dari iblis kita dapat memetik manfaat darinya. adapun rahasianya adalah antara lain adalah:
    • iblis sangat membenci Nabi besar Muhammad SAW dan umat manusia yang mengikuti ajarannya. Ingin dibenci Iblis namun disayang oleh Allah SWT? jadilah umat Nabi Muhammad yang bertaqwa.
    • Iblis sangat benci kepada pemuda yang taqwa dan berserah diri kepad Alllah SWT.
    • Iblis benci orang yang alim dan wara' serta orang yang sabar yang menjaga dirinya dari syubhat 
    • Iblis membenci orang-orang yang menjaga dirinya terus suci dari segala kotoran hati.
    • iblis benci orang fakir yang bersabar, yang tidak menceritakan kefakirannya kepada orang lain dan tidak mengadukan keluh kesahnya. karena kata iblis kepada Rasulullah SAW, orang fakir yang mengadukan keluh kesahnya kepada sesamanya selama tiga hari, maka Allah SWT tidak akan memasukkannya kedalam golongan orang-orang yang bersabar.
    • Iblis benci kepada orang kaya yang bersyukur. yaitu orang yang mengambil dari sumber yang halal dan meletakkannya kepada tempat yang halal pula.
    • Iblis benci kepada orang-orang yang mendirikan sholat. Karena Iblis merasa panas dan gemetar melihat orang-orang yang mendirikan sholat. Karena jika seorang hamba bersujud  satu kali kepada Allah maka Allah akan mengangkat derajat orang tersebut sebanyak satu tingkat.
    • Iblis benci orang yang menunaikan haji, karena akan membuat iblis menjadi gila.
    • Iblis membenci orang-orang yang senantiasa membaca Alquran, karena akan membuatnya meleleh seperti timah diatas bara api.
    • Iblis benci orang yang membayar zakat. karena dengan membayar zakat seolah-olah orang tersebut mengambil gergaji dan memotong aku (iblis) menjadi dua. Karena ada empat kandungan manfaat dari zakat itu, pertama karena Allah SWt menurunkan berkah atas hartanya, kedua menjadikan orang-orang yang membayar zakat menjadi dicintai oleh makhluk-Nya yang lain, ketiga menjadikan zakat itu sebagai tameng untuk hambanya dari siksaan panasnya api neraka dan yang keempat dengan berzakat Allah SWT mencegah bencana dan malapetaka agar tidak menimpa makhluk-Nya.
    Dengan mengetahui rahasia terbesar dari iblis tersebut kita dapat menjadikannya senjata. agar dibenci oleh iblis dan semoga kita mampu menjadi golongan orang-orang yang dibenci oleh iblis.
Demikian beberapa manfaat dari iblis versi bermanfaat, Petiklah pelajaran darinya, bertaqwalah dengan sebenar-benarnya taqwa, karena Iblis Laknatullah pernah berkata kepada Rasulullah SAW. "Wahai Rasulullah, ketentuan telah memutuskan dan Qalam-pun telah kering dengan apa yang terjadi seperti ini hingga hari kiamat nanti tiba. Maka maha suci Tuhan yang telah menjadikanmu sebagai tuan para nabi dan khatib para penduduk syurga. Dia telah meng-khususkan dirimu. Sementara Dia telah menjadikan aku sebagai tuan orang-orang yang celaka dan khatib para penduduk neraka, saya adalah makhluk yang celaka lagi terusir".

Segala puji hanya milik Allah SWT, Seru sekalian alam, yang awal dan yang akhir. Semoga sholawat dal salam sejahtera selalu diberikan kepada Nabi Muhammad dan kepada para keluarga dan sahabatnya serta para utusan dan para nabi.

*Dikutip dari 
http://anitarinizblog.blogspot.com/2011/01/rahasia-iblis-manfaat-bagi-umat.html
http://survivalis.blogspot.com/2011/09/watak-iblis.html
htto://id.wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar