Minggu, 01 Januari 2012

Kim Jong-un putra Kim Jong-il

Kim Jong-unKim Jong-Un (Korea: 김정은, Hanja: 金正銀 or 金正恩), dikenal juga sebagai Kim Jong-Eun/Kim Jung-Eun, awalnya Kim Jong-Woon atau Kim Jung-Woon (lahir 1983 atau awal 1984) adalah anak ketiga dan termuda Kim Jong-il dengan Ko Young-hee. Sepeninggal kematian ayahnya pada 17 Desember 2011, ia ditetapkan untuk menggantikannya sebagai pemimpin baru Korea Utara. Kim Jong-un, pemimpin baru Korea Utara, resmi diangkat sebagai Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata pada Jumat, 30 Desember 2011. Penunjukan Jong-un, putra mendiang pemimpin Kim Jong-il, merupakan tanda dimulainya transisi kekuasaan atas ayahnya.



Walaupun sudah didaulat sebagai pemegang kekuasaan tertinggi, Jong-un masih terlalu 'hijau' dalam urusan pemerintahan. Ia hanya memiliki pengalaman dua tahun di pemerintahan Korea Utara. Dari pengamatan analis pemerhati Korea Utara di Korea Selatan, tercetuslah "gank of seven", tujuh nama yang akan mempengaruhi kinerja Jong-un dalam masa transisinya, seperti yang dilansir dalam telegraph.co.uk, 1 Januari 2012. Pemilihan ini mempertimbangkan orang-orang yang berbaris dekat kereta jenazah Jong-il selama proses pemakaman. Berikut nama-namanya :



1) Jang Song Thaek, 65 tahun, Wakil Ketua Komisi Keamanan Nasional Korea Utara (NDC)



Jang yang juga merupakan ipar Jong-il merupakan penasihat kunci Jong-il setelah terkena stroke. Ia merupakan mentor untuk anak pertama Kim (Kim Jong Nam) dan sekarang untuk Kim Jong-un. "Setelah kematian Kim Jong-il, Jang adalah satu-satunya yang dipromosikan," kata Choi Jin-wook, kepala peneliti Korea Institut untuk Unifikasi Nasional (KINU).



2) Kenji Fujimoto, 63 tahun, koki khusus sushi



Sebagian orang percaya dia merupakan agen Jepang. Pernah bekerja untuk rumah tangga Jong-il dan Hwang Jang-yop (mentor Jong-il), Kenji dikenal sebagai pembelot Korea Selatan. Fujimoto merupakan koki favorit. Jong-il selalu membawanya dalam perjalanan keliling dunia agar bisa menyajikan berbagai macam hidangan terlezat di setiap negara.



3) Ri Yong HO, 69 tahun, Kepala Staf Angkatan Perang Korea Utara (KPA)



Ia diyakini merupakan guru militer Jong-Un. Pada November lalu, ia menerima promosi bintang empatnya.



4) Kim Yong-Chun, Menteri Pertahanan NDC



Ia merupakan salah satu orang kepercayaan Jong-il yang berhasil menggagalkan rumor kudeta militer tahun 1995.



5) Jenderal U Dong-guk



Ia merupakan jenderal di Dewan Keamanan Negara. Ia merupakan tokoh kuat di balik rezim Korea Utara. Ia memiliki kecerdasan dan represi yang tinggi.



6) Jenderal Kim Jong-gak



Ia merupakan monitor loyalitas petugas KPA. Ia bekerja pada Biro Umum Politik Angkatan Darat. Pada acara peringatan, ia merupakan tokoh yang mengucap janji setia kepada Jong-un. "Ada 1,2 juta serdadu yang akan membela di belakangnya,” ujar Kim saat pelantikan. Ia juga merupakan kepala propaganda yang tangguh.



7) Sekretaris Partai Choe Tae-bok dan Kim Ki-nam



Choe merupakan tokoh inti dalam pengembangan teknologi ilmiah PyongYang. Mereka inilah yang diduga akan menjadi aktor kunci di belakang singgasana Kim Jong-un. "Untuk legitimasi Jong-un, mereka akan mencoba membuat prestasi revolusioner dan proses pengidolaan," kata Kim Tae-woo, Presiden KINU.



Sumber : Telegraph

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar