Minggu, 18 Januari 2009

Napak Tilas bersama "Mujie" sang Web Master dan Linuxer Sejati

Cerita ini mengenang saat dimana saya mulai mengenal dunia komputer terutama
internet dan dunia programming bersama sahabat saya Mujianto. "Mujie"
begitulah saya memanggil nama sahabat saya satu ini. Bagi saya dia adalah seorang pakar jaringan
dan linuxer sejati
yang kemampuannya sampai saat ini tidak pernah ada satu kawanpun yang meragukannya.



Walau didunia Blogosphere nama Mujie memang kurang terdengar gaungannya, tapi pada komunitas lainnya terutama
komunitas pengguna Linux dan Web Programming nama "Mujie" cukup akrab
sekali didengar
atau bisa saja saya katakan dia ini cukup terkenal dikomunitasnya, apalagi kemampuan
skill-nya pada security jaringan yang benar-benar membuat saya
geleng-geleng kepala hehehe. Dan jujur saja, di komunitas terselubung lainnya
sepertinya tidak ada yang tidak mengenal nama Mujie, walaupun ada nick name
rahasia lainnya yang tidak mungkin saya publikasikan disini :)






Aksi mujie sewaktu masih gondrong, sayang poto saya bersama mujie yang juga masih gondrong dulu banyak yang hilang, maklum sudah 10 tahun yang lalu :)



Persahabatan yang terjalin dengan Mujie ini berawal tahun 1998 ketika kami
bersama-sama merantau meninggalkan tanah Borneo "PalangkaRaya" menuju pulau
Jawa
tepatnya di kota gudeg tercinta ini "Yogyakarta". Perbedaan Universitas dan Jurusan tidak
menjauhkan kami bersama kawan lainnya selalu berkumpul dan membahas semua sesuatu yang
berhubungan dengan dunia komputer, terutama programming. Saat masa kuliah dulu Mujie
menggambil jurusan Teknik Sipil di UII, yang secara notabene
berbeda dengan basic saya yang memang kuliah dijurusan Teknik Informatika.
Mujie yang saya kenal
sebagai sosok yang ramah dan selalu becanda ini juga memiliki sikap yang tidak
pernah kenal kata menyerah, apapun akan dia lakukan untuk mencapai tujuannya.
tentu saja dengan cara positif :)




Mungkin banyak yang tidak percaya seorang pakar Linux sekelas Mujie juga
pernah belajar linux pertama kali dengan saya hehehe kalo tidak salah saat itu rilis Linux Redhat versi perdana (saya lupa versinya). Itupun hanya
sekedar cara installasi saja, eh jangan salah lho! yang bisa nginstall Linux
Redhat saat itu sudah termasuk ehm ehm hehehe tapi itu kan dulu, jangan ditanya kemampuannya
sekarang ya, hampir semua sistem operasi kayaknya cuma game solitare aja baginya
hehehe




Sekitar tahun 1999 saat-saat itulah saya bersama mujie mulai kecanduan dengan Internet yang
saat itu juga masih sangat jarang ada dikota Gudeg Yogyakarta. Hampir setiap malam bahkan
sampai menjelang subuh selalu kami habiskan untuk mencari hal yang baru
diinternet. Rokok dan kopi sepertinya sudah menjadi sahabat kami waktu itu,
kayaknya sampe sekarang juga ya sobat? :)




Saat saya mengenal blog sekitar tahun 2002, dan waktu itu jangankan
untuk membuatnya, melihatnya saja saya males, mungkin waktu itu saya lebih focus ke
dunia programming. Dan akhirnya tahun 2007 tepatnya bulan
januari, saya mulai mengenal dunia blog dari si mujie ini, dia
menceritakan banyak hal yang  bisa dilakukan dengan blog selain hanya menulis
diary. Atas rekomendasinya, saat itu juga saya membuat account blog pertama saya di platform
Wordpress yang sekarang juga semakin tidak terurus dan hampir saja saya lupakan
:) Kemudian sekitar bulan juni tahun 2007 barulah saya menggunakan Blogger yang
juga tetap saya gunakan
sampai saat ini. 




Dari sinilah saya mulai merubah status basic saya dari seorang
programmer menjadi seorang blogger sejati (*halah* PD mode ON hehehe), dialah "Mujie" yang
mengajar kan saya banyak hal terutama yang berkaitan dengan dunia blogosphere. Bahkan sampai
saat ini dialah orang dibalik kesuksesan saya dengan segala dan
upaya serta kerja keras untuk membangun
o-om.com
yang sampai hari ini memiliki
pelanggan pembaca via RSS FEED sebanyak 4000+
dalam kurun waktu 1,5 tahun (NB: thanks untuk semua pelanggan setia feed o-om.com). Sekali lagi thanks ya kawan,
tanpa bantuanmu blog
o-om.com
tidak mungkin bisa seperti ini :)




Yah..mungkin cuma segitu saja yang bisa saya ceritakan, rekan semua tau sendiri kan saya
paling anti menulis yang panjang2 wkwkwkw




Sekilas tentang mujie




Seorang pria dengan rejeki yang Insya Allah cukup, lagi
sendiri, blak-blakan, dan Insya Allah bukan pemalas. Kadang jadi pekerja tetap
kadang jadi pekerja freelances yang suka terbang kesana kemari.




Mantan karyawan 2 perusahaan di Kaltim dan Kalteng, PT.
Royindo Karya Lestari dan PT. Halmahera Griya Persada dalam bidang logistik alat
berat dan networking. Sekarang bersama-sama dengan beberapa teman merintis usaha
dari bawah di
CV.
Niwa Karya
.




Di blog dia sebelumnya yang bertempat di server
HGP Hosting, dia tuangkan berbagai
tulisan, pemikiran dan ocehan yang bersifat teknis, sangat berbeda jauh
dengan hal-hal non teknis yang dia tulis di

http://mujie.blog.upr.ac.id
. Namun karena berhubung sesuatu dan lain hal,
alamat blog dan tulisan di
mujie.blog.palangkaraya.net dipindahkan ke alamat yang baru di
mujie.blog.niwakarya.com Dan nantinya dalam kedepan, dia akan
menuliskan juga promosi teknologi berikut pembahasan produk dan layanan di

Niwakarya
, layaknya blog karyawan perusahaan

Google
.




Blog mujie pertama kali yang menulis tentang hal-hal teknis
bisa juga Anda lihat di alamat http://mujie.clawz.com. Untuk melihat gambar wajah mujie,, lihat disini aja ya

http://www.friendster.com/mujieplk
.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar