Rabu, 13 Juni 2012

Presiden tidak Komprehensif Tangani Konflik Papua

Wakil Ketua Komisi I DPR RI Tubagus Hasanuddin menilai reaksi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam menanggapi situasi di Papua dengan mengeluarkan instruksi kepada Panglima TNI dan Kapolri untuk melakukan operasi pemulihan keamanan sebagai tindakan yang tidak komprehensif. Instruksi itu dikeluarkan pada Selasa (12/6). 


“Seperti kita ketahui masalah di Papua sesungguhnya bukan hanya masalah keamanan yang akhir-akhir ini eskalasinya bertambah. Tapi ada masalah yang lebih besar yang harus diselesaikan melalui upaya-upaya komprehensif dan terpadu,” ujar Tubagus, Rabu (13/6). 

Saat ini, sambung dia, terdapat setidaknya empat masalah besar di Papua. Pertama gagalnya pemberlakuan otonomi khusus, terutama pembangunan di bidang kesejahteraan ekonomi, kesehatan dan pendidikan. Kedua, adanya diskriminasi dan marjinalisasi terhadap masyarakat di Papua. 

Masalah lainnya adalah perasaan traumatis sebagian masyarakat di Papua akibat tindakan represif masa lalu yang dikategorikan sebagai pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM), tapi tidak diselesaikan secara tuntas. Serta masih terdapat perbedaan persepsi tentang terintegrasinya Papua dalam wilayah NKRI. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar