Sabtu, 24 April 2010

Compress Javascript dengan YUI Compressor


Percaya nggak desain web site/blog tanpa javascript ibarat sayur tanpa
garam? bagaimana mungkin sebuah aplikasi web profesional tidak didukung dengan
javascript ini. Silahkan anda cek sendiri web site kelas dunia diluar sana yang
kebanyakan menggunaan fitur AJAX seperti Yahoo, Google dan  Facebook apa
mereka menghindari script yang satu ini, gak mungkin lah hehehe jadi jangan
pernah berpikir menghindarinya jika kita hanya berpikiran untuk masalah
kecepatan loading website. Pemakaian Javascript yang wajar-wajar saja saya rasa
tidak ada masalah, asalkan memang didukung dengan server yang mumpuni, terlebih yang
menggunakan platform blogspot yang dihost langsung pada platform tersebut..coba
silahkan buka kembali tutorial lawas saya

disini
yang membahas cara host javascript langsung di blogspot.


 


Sebenarnya banyak sekali tools javascipt compressor diluar sana yang
bisa kita coba, namun hanya sedikit yang benar-benar bekerja dengan baik menurut
saya. Dari sekian banyak tools yang saya coba hanya
YUI
Compressor
 yang dikembangkan langsung melalui dapur Yahoo
Developer  Network
ini saja yang benar-benar berkerja tanpa kesalahan
(error). Ini sudah saya  buktikan pada beberapa blog blogspot saya dan
semuanya bekerja dengan sempurna. silahkan cek langsung pada
zoomtemplate.com
dengan melihat source codenyanya secara langsung melalui browser kita
masing-masing.


 


Ok lah mungkin sebagain dari blogger kurang setuju menggunakan javascript
dengan alasan kecepatan, tapi jika kita terpaksa tetap menggunakannya ya mau
tidak mau kita harus mencoba merampingkannya dengan cara mengompress script
tersebut. Tujuannya agar ukurannya menjadi lebih kecil dari ukuran semula dan
tentu saja paling tidak loading page blog kita jadi sedikit lebih cepat :)


 


Ada beberapa layanan Online yang sudah support YUI Compressor yang
bisa kita coba, diantaranya yang sering saya gunakan adalah
YUI Compressor Online dan
Online YUI Compressor.
Cara menggunakan layanan ini juga tidak sulit, kita tinggal memasukan saja semua
kode javascript yang ingin di-kompresi, ingat! tanpa memasukan tag
<script
type
='text/javascript'>..</script>

tapi hanya kode utamanya saja.





Tampilan Online YUI Compressor


 


Tampilan YUI Compressor Online


 


Sebenarnya saya sekali ingin menjelaskan panjang lebar semua mengenai YUI
Compressor
, namun saya yakin dari pada kalian bosan membacanya mending
pelajari saja ya secara langsung dialamat websitenya
disini :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar