Rabu, 04 November 2009

Membuat Blog Anda Agar Lebih diingat Banyak Pengunjung

Artikel ini dibuat oleh Reza Winandar dari

Blogger Make Money
sebagai guest post di o-om.com.




Tentu kita semua tahu bahwa blog tercinta kita ini (o-om.com) dikunjungi banyak
orang setiap harinya. Saya sendiri aktif mengunjungi blog ini setiap ada
postingan baru, entah itu karena tertarik atau karena faktor X. Tapi tahukah
anda apa saja faktor X itu? 






Menurut saya, faktor X dari sebuah blog adalah :




Template




Template yang original serta indah dapat membuat pengunjung kembali lagi hanya
untuk melihat keindahannya. Saya lihat template blog ini sangat enak dan nyaman
untuk dipandang berjam-jam lamanya (lebay dikit boleh lah...). Untuk membuat
blog kita nyaman dibaca, gunakan template custom atau standar (tapi sudah
dimodifikasi) yang mengandung warna yang memang nyaman untuk dipandang, seperti
putih dan hijau. Jangan menggunakan warna yang membuat sakit mata seperti merah
dan oranye.  






Tips : Jangan gunakan background hitam atau warna gelap lainnya untuk postingan,
itu membuat pengunjung tidak nyaman dalam membacanya. Gunakan;ah warna putih
atau hijau muda sebagai background. 






Tata cara penulisan




Anda tahu anak alay? Itu lho yang kalo nulis atau ngetik tulisannya gede-kecil
dan menggunakan banyak angka sebagai symbol maupun pengganti sebuah huruf.
Tulisan yang seperti itu sangat membuat pembacanya bekerja lebih untuk memahami
isi dari postingan tersebut. Yang ada malah mereka akan meninggalkan blog anda,
padahal baru melihat judul saja. Gunakanlah bahasa Indonesia yang baik dan benar
karena kita orang Indonesia, bukan anak alay. 






Tips : Jangan pernah menyingkat kata-kata karena ini adalah blog, bukan SMS.
Jika ada banyak space, kenapa kita harus menyingkatnya? 

 




Loading Page




Pernahkah anda membuka sebuah blog dan blog itu tidak selesai untuk diload
padahal anda telah menunggu cukup lama? Saya sering dan biasanya saya akan
menutup blog tersebut. Jangan sampai ini terjadi pada anda karena ini sangat
merugikan. Ceklah kecepatan loading blog anda, tidak usah pake layanan apapun,
cukup tes dengan komputer anda saja. Jika dirasa terlalu lama, maka anda bisa
melakukan perbaikan pada blog anda. 

 




Tips : Kurangi gambar di blog anda, atau bisa juga mengompres gambar sehingga
ukurannya lebih kecil dan lebih cepat untuk diload. Dan cek juga apakah server
dimana anda mengupload javascript dan gambar berjalan dengan baik. Saya sendiri
membeli hosting untuk keperluan javascript. 

 



Saya rasa baru itu saja yang dapat saya paparkan untuk kesempatan kali ini.
Terima kasih untuk O-OM karena telah menerima artikel saya dan
mempublikasikannya di blog kita tercinta ini. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar